Headlines News :
Home » , , » Rekor Apik Barcelona di Ranah Jerman

Rekor Apik Barcelona di Ranah Jerman

Written By munawardismail on Selasa, 23 April 2013 | 14.42

Leg pertama semifinal Liga Champions antara Bayern Munchen lawan Barcelona akan digelar dinihari nanti. Dari segi statistik, Barcelona punya rekor apik saat bermain di ranah Jerman.

Di leg pertama, tim besutan Tito Vilanova akan bermain di Stadion Allianz Arena, markas Die Roten. Ini akan menjadi pertandingan antara dua tim yang memeragakan sepak bola menyerang. Hampir dipastikan takkan ada strategi 'parkir bus' atau menumpuk pemain di kotak penalti.

Blaugrana boleh saja menguasai Liga Champions dalam beberapa tahun belakangan dengan menjadi juara tiga kali dalam kurun waktu enam tahun terakhir. Namun, pencapaian Munchen juga cukup apik. Philippe Lahm dan kawan-kawan berhasil melaju ke final dalam tiga tahun terakhir, yakni 2010 dan 2012.

Kedua tim juga memiliki jumlah trofi Liga Champions yang sama, yakni empat buah trofi. Barcelona meraih gelar tersebut tahun 1992, 2006, 2009 dan 2011 sementara Munchen tahun 1974, 1975, 1976 dan 2001. Di laga nanti, Barcelona diunggulkan dari segi statistik. El Barca punya catatan bagus ketika bermain di ranah Jerman.

Dari delapan kali bertanding di Jerman sejak musim 2002/2003, Barcelona belum pernah kalah. Catatannya adalah lima kali menang dan tiga imbang. Terakhir kali mereka berhadapan dengan tim asal Jerman adalah Bayer Leverkusen musim 2011/2012. Kala itu, Lionel Messi Cs. menang dengan skor 3-1.

Tak sedikit yang menyayangkan laga ini terjadi di semifinal. Harusnya, dua tim ini lebih pantas terjadi di partai puncak. Hal ini diungkapkan oleh mantan pemain Munchen dan Barcelona, Mark van Bommel.

"Pertandingan ini seharusnya terjadi di final. Siapapun yang menjadi pemenang di laga ini, mereka akan menjuarai Liga Champions. Saya meraih kesukesan bersama dua tim tersebut. Di Barcelona, saya meraih empat trofi dalam satu tahun dan di Munchen meraih enam trofi selama empat setengah tahun," katanya, seperti dilansir situs resmi klub.

Meski rekor Barcelona cukup menawan saat bermain di Jerman, torehan Munchen tak kalah cemerlang. The Bavarian hanya menderita satu kekalahan dari 20 laga saat menjamu tim asal Spanyol. Detailnya adalah 14 kali menang, lima kali imbang dan hanya satu kali kalah. Dari enam pertemuan terakhir dengan Barcelona, statistik Munchen juga apik. Mereka meraih tiga kemenangan, dua imbang dan satu kalah.

Di laga nanti, kondisi Messi masih diragukan apakah bisa tampil melawan Munchen. Pemain asal Argentina itu mengalami cedera hamstring saat bentrok dengan PSG di leg kedua perempatfinal Liga Champions. Selain Messi, Blaugrana dipastikan kehilangan tiga pemain, yakni Carles Puyol dan Javier Mascherano karena cedera sementara Adriano akumulasi kartu kuning.

Masih diragukannya kondisi Messi membuat kapten Munchen, Lahm, berharap La Pulga benar-benar absen dan tidak bermain di laga nanti.

"Tentu saja mereka lebih lemah saat Messi tidak bermain. Kami bisa melihatnya dengan jelas saat Barcelona menghadapi PSG," kata Lahm, seperti dilansir Goal.

"Kami sangat berharap ia tak main di leg pertama semifinal Liga Champions nanti. Barcelona sangat dominan dalam beberapa tahun terakhir dan menjadi tim yang harus dikalahkan. Kami harus sadar akan hal ini," ia menambahkan.

Di saat kondisi Messi masih diragukan, Munchen sendiri bukannya tanpa masalah. Mereka dipastikan tak bisa diperkuat penyerang andalannya, Mario Mandzukic, karena akumulasi kartu kuning. Dua pemain lain yang absen karena cedera adalah Toni Kroos dan Holger Badstuber.

Head to Head

27 Juli 2011 Uji coba Barcelona 2 - 1 Munchen
14 April 2009 Liga Champions Munchen 1 - 1 Barcelona
8 April 2009 Liga Champions Barcelona 4 - 0 Munchen
15 Agustus 2007 Uji coba Munchen 0 - 1 Barcelona

Prakiraan susunan pemain:

Munchen: Manuel Neuer, Philippe Lahm, Daniel van Buyten, Dante, David Alaba, Javi Martinez, Bastian Schweinsteiger, Arjen Robben, Thomas Muller, Franck Ribery, Mario Gomez. Pelatih: Jupp Heynckes.

Barcelona: Victor Valdes, Daniel Alves, Gerard Pique, Marc Bartra, Eric Abidal, Xavi, Sergio Busquets, Andres Iniesta, Pedro Rodriguez, Lionel Messi, Alexis Sanchez. Pelatih: Tito Vilanova.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Design | Kontak | Copyright © 2011. Aceh Football - All Rights Reserved